Wednesday, February 12, 2014

Tips Diet : Kurangi Porsi Makan dan Rutin Lari Pagi, Bobot Dennis Turun 6 Kg


Jakarta - Tidak semua orang, apalagi orang yang terhitung masih muda, terpikirkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan tubuhnya. Nah, di usia yang masih terbilang muda, Dennis Novadi (21) justru berinisiatif melakukan cek darah. Dari hasil tersebut, ia disarankan dokter untuk diet.

Kepada detikHealth, pria kelahiran 15 November 1991 ini menceritakan pengalamannya dalam menjalani diet hingga akhirnya berhasil turun sebanyak 6 kg dalam 3 bulan, seperti ditulis pada Rabu (12/02/2014).

Pengalaman saya bermula ketika saya mencoba untuk melakukan cek darah untuk kali pertama. Hal tersebut saya lakukan karena saya ingin mengetahui apakah saya memiliki kolesterol baik atau kolesterol jahat. Hasil tes tersebut mengatakan bahwa lemak darah atau yang dalam istilah kedokteran biasa disebut Trigliserida, yang ada di dalam tubuh saya cukup tinggi.

Saat itu dokter langsung membawa saya untuk diperiksa lebih lanjut. Saya cukup terkejut karena saya sampai harus menjalani cek darah dua kali untuk mengetahui apakah hasil tes yang pertama benar atau tidak. Setelah hasil tes keluar saya pun memeriksakan diri kembali ke dokter. Dokter menyarankan saya untuk melakukan diet dibarengi dengan konsumsi obat penurun lemak darah. 

Karena kadar lemak dalam tubuh saya cukup tinggi, saya pun berdiet dengan metode diet rendah lemak. Saya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak, saya juga mengurangi porsi makan saya. Untuk aktivitas olahraga saya melakukan lari pagi rutin selama satu jam dari hari Senin hingga Jumat. Hal tersebut mempercepat proses diet saya, terlebih lagi jika saya berolahraga sebelum makan. 

Setelah tiga bulan menjalani diet tersebut, berat badan saya turun dari 69 kg menjadi 63 kg. Saya pun merasa senang dan lega, sebab banyak manfaat yang bisa saya rasakan setelah berat badan saya turun. Teman-teman saya pun terkejut ketika melihat perubahan badan saya untuk pertama kalinya. Saya sadar dengan menurunkan berat badan, lemak darah saya kembali normal dan saya pun merasa lebih sehat dari sebelumnya. 

Saat ini tubuh saya sudah ideal dan saya tetap menjaga tubuh saya dengan giat berolahraga dan menjaga pola makan. Pengalaman diet ini tidak pernah saya rencanakan sebelumnya, tetapi hasil cek darahlah yang mengubah pemikiran saya.

No comments:

Post a Comment